Cerita Hidup Raymond Chin yang kalian gatau, penyesalan terbesar.

Raymond Chin
7 min readSep 1, 2023

--

Gw tuh dulu hampir mati, kalau pun hidup, harusnya gw tuli, buta, atau ada gangguan mental. Mungkin itu hal pertama yang gw inget, di rumah sakit, di copot puluhan jahitan di kepala, habis jalanin operasi bedah otak.

Dan gw ga inget apapun yang terjadi di hidup gw sebelum itu. So, ini cerita tentang kesempatan kedua dari hidup, dan ada penyesalan terbesar di hidup gw yang gw harap, kalian ga jadi korbannya. here it is, my life story.

Setiap celah cahaya, ada bayangan yang gelap.

Oke, mungkin pembukaannya agak sedih, nanti bakal kita bahas lagi. Soalnya gw yang dulu, bukan gw yang kalian kenal sekarang, yang nempel di benak kalian “Raymond Chin, CEO, Entrepreneur, Content Creator, Tukang jokes receh”. Tapi semua yang gw punya di hidup ini, adalah hasil dari kejadian kecil dari dini dan semoga ada pelajarannya.

Lahir di Jogja disaat sebuah musibah.

Let’s back track, gw cuma anak biasa, 3 bersaudara paling tua, yang lahir di jogja 7 dec 94. Lahir pas kejadian gunung meletus wedus gembel di jogja . Banyak korban sampai RS tempat gw lahiran penuh, apes banget. Waktu itu orang tua gw lagi pulkam dan semua penerbangan balik jakarta di stop, jadi ya terpaksa lahiran di kondisi yang ga optimal, well yaudah lah ya yang penting lahir dengan sehat walafiat.

Ortu gw adalah working middle-class family, Mama orang jogja tulen dari keluarga yang sangat sederhana, satu2nya yang berhasil kejer edukasi lulus SMA, itupun beasiswa. Mau kuliah ga punya duit, karena harus kerja sebagai kasir, terus jadi sekretaris sekalian menghidupi nenek.

Nah ini, sebelum nikah sama papa. Papa itu Singaporean tulen. Lahir singapore, gede di australia, keluarganya berkecukupan yang pekerjaan nya itu karyawan eksekutif di bidang kimia, spesifiknya keramik. Kerja di indo karena nikah sama mama.

Pertanyaan pertama, kok mereka bisa ketemu? Mereka ketemu gara2 papasan makan di restoran waktu itu sama pacar masing2, fast forward 5 taun kemudian nikah. Mama gamau certain detail tentang ini :) Dan mereka oke lah finansialnya, baru belakangan ini, gw tau kalo papa tuh punya gaji 20jt/bulan jadi ga susah banget, tapi ga royal banget.

Soalnya sama cicilan rumah dan lain2, kita cukup. Dan kalo denger cerita2nya, hidup gw dari lahir sampe balita tuh, happy banget. Diajak jalan ketemu penguin, di australi. Ketemu batman. Tapi masalahnya, gw ga inget apa2 sama sekali, bahkan lupa siapa keluarga2 papa dulu di ajak pas jalan2.

Musibah tidak pernah bisa di prediksi.

Sekitar di TKA tunas bangsa, sekolah kecil di lippo cikarang. Gw di ceritain lagi main di perosotan. Yang 1 meter, eh salah. 2 meter tingginya. Dibawah itu ubin keras. Tau lah, anak2 kecil itu kaya gmn, aktif dan antrinya seruduk2an. And then, DOR.

Gw terdorong terus jatoh dari perosotan 2 meter, jatoh ke ubin, kepala duluan. Disana katanya gw masi sadar, tapi omongan ga jelas dan pingsan ga lama dari situ. Orang tua gw kebetulan masih disana, dan langsung buru2in bawa ke rumah sakit.

Di mobil, akhirnya gw bangun dan ini bukan hal bagus. Karena mama cerita, “kamu bangun, terus kamu ngmong kata2 yang gabisa di pahamin orang lain. Seakan kamu kehilangan kemampuan ngomong kamu”

Gw ga ada ingetan apa2 tentang ini, tapi katanya gw muntah cairan2 kuning lumayan banyak. Pingsan lagi disana.

Kesempatan Hidup Kedua

Disini, jujur gw gatau harus mikir apa. Tangan gw di tangan Tuhan. Dari cerita mama, pas di bawa ke dokter mereka bilang “kesempatan hidup anak ibu, cuma 50:50. Kalo telat berapa menit ke rumah sakit, uda pasti lewat”, so i thank God for my parents were there.

Selama operasi, kepala gw di belek, bener2 di buka ⅓ bagian kanan batok kepala. Darahnya sampe bisa ber ember2 buat support operasi, dan apa yang ditemuin? Otak gw ada kemungkinan permanent brain damage. Yang gatau, hidupnya bakal bisa normal ga. Dari ingatan, kemampuan berbicara, or bisa bangun sama sekali. Yaudah, dari cerita itu sih mama lumayan stress, harus ditunggu aja dan berdoa.

Gw koma setelah operasi, pas bangun katanya semua suster langsung pada teriak2, panggil ortu. Dan ternyata, gw bisa ngmong bisa ngobrol walaupun agak keder dan sepatah2. Jujur, gw ga inget apa2…

Mama nyampe Rumah Sakit, terus ditanya Ray, kamu handsome gak ? gw jawab : handsome . Mama : seperti siapa ? gw jawab : Andy Law. Disana mama tau, oke gw ga brain damage yang gmn gmn wkwk.

Selama recovery, sampe di julukin “miracle child” gw lupa berapa minggu bed rest di rumah sakit. All is good! Kelihatannya, ga ada efek permanen yang nempel untuk gw hidup setelah kejadian ini. Nah ini bagian yg paling inget dari masa kecil:

SAKIT BANGET, pas proses di copot puluhan jahitan di kepala. Katanya sampe harus di temenin 3 suster biar gw anteng2 aja. Tapi yaudah lah, gw bersyukur gw hidup.

Tapi disini gw blom ngerti bahwa gw di kasih kesempatan hidup kedua, buat apa?

Anak Bodoh yang tidak menghargai keajaiban.

Fast forward, sampai masa sekolah ga ada cerita yang berkesan. Gw lahir seorang muslim, tapi SD-SMA di sekolah kristen. Sebenernya iya, ada pressurenya disana. Dan sangat ga ngebantu juga bahwa dulu gw orangnya anti sosial banget, dan bener2 habis balik sekolah kerjaanya game, game, dan game. Inget banget tuh, Seal Online, RF, Ayodance, Dota.

Pokoknya kalo masalah bersosialisasi, gw gabisa. Gw dulu mikir, kenapa gw lahir jadi anak aneh. Akibatnya ya, sedikit2 di bully verbal dan fisik pas lagi growing up. Gpp, aman. Masih ada game 24/7 yang bisa selamatin gw.

Gw gatau, orang relate ga tapi dulu game itu segalanya di hidup gw. Gw ga peduli harus belajar, harus make money, perhatiin orang tua. Gw anak yang paling rebel dari 3 bersaudara, and i regret it pas kecil kaya gitu ke orang tua.

Sampe gw kuliah di binus ambil jurusan IT. Dan jujur ini pun gw ga pilih, pasrah aja di pilihin ortu. Ternyata ini jebakan betmen, gw kira kuliah IT bakal main game. Ternyata, coding… Yaudah jalanin aja, udah bayar biaya muka, at least gw jago coding dan masih bisa main game terus.

Disaat Realita Menjemput.

Dah, hidup gw gitu2 aja. Kuliah, game, kuliah, game, serius. Ada lah waktu itu baru coba ngerintis jadi freelance programmer, pertama kali make money. Tapi, timing ga tepat.

Papa lagi kerja di malaysia, karena sebenernya kita lagi kesusahan finansial. Gw pun baru tau, sempet 3 Tahun papa gapunya kerjaan, rumah utama harus di gadai dan kita pindah tinggal ke rumah sewaan yang kecil. Yang dulu kata mama “gpp rumah kecil, biar keluarga lebih deket”

Mama dapet telpon dari karyawan papa, ngabarin. Kena dbd dan sekarang lagi di rumah sakit. Gw langsung ditelpon untuk balik, buru2 cari flight ber 2 sama mama untuk ke Malaysia.

Selama kesana, deg2an banget. Karyawan papa masih kirim foto pas lagi sadar, kirain bakal fine2 aja. Jujur ga mikir sampe kemana2.

Pas gw + mama nyampe malaysia, kita dapet kabar sekarang papa lagi ga sadar, di posisi koma. Jadi gw bener2 ga bisa ngobrol, berdoa aja bakal sadar. Kita nunggu 1 hari, adek2 gw udah nyusul dan sampe di hari ke 2. Kita sekeluarga di ajak ketemu dokternya.

Gw jujur ga inget full penjelasannya, tapi dbd ini uda kena otak. Dan basically, papa sekarang hidup bener2 cuma karena mesin, dan mama di rekomendasiin untuk consider cabut mesin.

It was heartbreaking, ngeliat mama harus bilang “iya” karena udah tau ga ada harapan. Sekeluarga masuk ke ruang papa, dokternya bilang “lets hope for a miracle” setiap orang disuruh bisikin ke telinga papa apa yang mau di sampein, siapa tau bangun. Kita giliran, dan jujur sampe detik ini gw ga nangis sama sekali and mencoba untuk stay strong depan mama.

Giliran gw, gatau mau ngmong apa. Mulai dari momen2 dulu suka panco trus papa pura2 kalah, sampe papa bangga2in bisa bikin keramik yang putih banget. Terus, gw gatau kenapa.

IT REALLY HIT ME.

Gw say sorry, selama ini rebel. Sorry ga nanggepin obrolan “serius”. Sorry hidup gw ga ada dampaknya. Cuma main game, dan ga achieve apa2. It really hit me, moment2 papa mesinnya mau di cabut. PAPA BELOM SEMPET LIAT ANAKNYA SUKSES NGAPA NGAPAIN.

It really broke me, and disitu gw nangis. Nonstop. Gw coba stay strong, tapi gw kecewa sama diri gw sendiri. And itu turning point gw, mesin papa di copot. Denger suara dari beep.. beep.. beep…. beep…….. Flat.

Gw sekarang officially seorang yatim. Dan ga kebayang, apa yang mama rasain. Fast forward dari kejadian ini, my mom is the real hero. Harus tetep hidupin anaknya, fight ulang sebagai single mom. Gw jujur ga kebayang, i really love you mom.

Sekarang gw harus step up, jadi kepala keluarga. Gabisa sia2in hidup kaya gini lagi. Gw inget banget, kata papa. “Kalo di kasih hidup, pastiin harus punya dampak positif di dunia”. Dan itu yang bikin gw kejer semua yang gw kejer di hidup gw sekarang.

Kalo gw bisa ngobrol sama papa lagi sekarang. Gw bakal ngelakuin 2 hal

Pertama, gw akan tanyain dan kepoin semua yang dulu papa kerjain. Kok bisa dulu jadi pakar keramik di asia, hebat loh.
Kedua, gw akan cerita semua perkembangan hidup gw dan tanya. “Papa bangga ga sama Raymond sekarang”

I dont have that chance now, but buat yang baca cerita ini. Semoga kalian ga sia sia in hidup kalian, dan appreciate apa yang kalian punya sekarang. Karena hal itu bisa hilang seketika.

I live my life sekarang dengan 2 profesi. Menjadi Entrepreneur, dan Content Creator. Sorry, 3 profesi. Yang terakhir, sebagai manusia dan warga negara indonesia. So hopefully gw bisa bangun 3 profesi ini menjadi wadah untuk gw terus berdampak untuk dunia.

Semua konten, bisnis, impact yang gw jalanin sekarang itu untuk hopefully bisa ngebawain rasa bangga untuk papa, and now untuk mama juga. Sekarang semua saudara gw uda mandiri, dan bakal ada saatnya untuk kita give back, ke orang tua, then ke dunia.

This is, and forever will be my biggest regret.

Ga memaksimalkan kesempatan hidup gw yang kedua, disaat masih dikasih waktu sama tuhan, disaat masih ada papa. So please, jangan sia2in hidup kalian, dan selalu appreciate & sayangi apa yang kalian punya sekarang.

Kadang orang2 susah untuk ngerti, what they can lose. Sampe itu bener2 terjadi, dan apapun yang gw lakuin sekarang adalah untuk memperbaiki itu. So, kalo bahas cerita hidup lainnya, i think most of you already know it.

Raymond Chin, the Founder, Content Creator, Occupational CEO, yang sekarang gw fokus dalemin semua bisnis bisnis gw. Sambil punya misi besar, hopefully sebelum gw mati. Gw bisa tinggalin impact di hal yang gw passionate, build & grow Entrepreneurs di Indonesia di skala yang masif.

Kadang emang butuh musibah, untuk kita sadar apa yang kita mau. Tapi alangkah baiknya kalau itu bukan jadi sebuah “keharusan” untuk kita berani ngelakuin hal-hal besar, yang bener bener bisa kita banggain, ke orang tua, diri sendiri, disaat kita mati.

A short one, my life story.
Signing out, Raymond Chin

Hope you found yours :)

--

--